Kelebihan dan Kelemahan Endorsement Yang Wajib Anda Pahami

Kamis, Maret 1, 2018



Kekuatan promosi online tidak bisa anda pandang sebelah mata biarpun biasanya promosi ini berbiaya murah meriah. Pasalnya meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia juga telah mengubah dunia bisnis khususnya bidang pemasaran.

Melalui promosi online anda akan berinteraksi dengan konsumen secara langsung dan informasi terkait produk akan tersebar lebih cepat. Biarpun begitu persaingan bisnis dengan melalui promosi ini amatlah tinggi sehingga perlu banyak inovasi dalam pemasaran secara online. Nah, salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan taktik endorsement.

Endorsement adalah dukungan yang diberikan oleh public figure bisa artis, tokoh politik, selebgram, youtuber atau tokoh terkemuka lainnya pada produk anda guna meningkatkan penjualan produk. menggunakan taktir endorsement juga memiliki kelebihan serta kelemahannya sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan Endorsement

 

 

1. Meningkatkan Kepercayaan Publik

Berpromosi dengan menggunakan strategi endorsement mampu meningkatkan kepercayaan public melalui tokoh yang anda pilih untuk mengendorse produk anda. Oleh karenanya sangat penting untuk memilih tokoh ternama yang mampu menunjukkan citra dari produk anda.

 

2. Peningkatan Penjualan

Walau cuman modal social media namun jangan sampai anda memandang sebelah mata strategi ini. Dari followers para artis atau tokoh kenamaan tersebut produk anda lebih cepat dikenal dan bisa saja menjadi produk yang laris manis dalam sekejab. Strategi ini kerap digunakan oleh perusahaan – perusahaan di Korea Selatan dan terbukti mampu meningkatkan penjualan produk merekat].

 

3. Hemat

Tak bisa dipungkiri jika berpromosi online menggunakan taktik endorsement dinilai lebih murah ketimbang iklan di televise. Selain itu jika anda menggunakan ikla ditelevisi anda juga harus merekrut jasa advertising yang menambah beban iklan anda.

 

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Strategi endorsement juga bisa memperluas jaringan bisnis anda. Informasi terkait produk yang ditawarkan bisa tersebar luas lebih cepat dan mencapai segala lapisan bisnis. Endorsement lebih merujuk seperti rekomendasi produk sehingga kelihatan lebih nyata dan bukan rekayasa sebagai visualisasi iklan.

 

5. Menambah Followers

Dengan memanfaatkan endorsement maka anda juga bisa sekaligus meningkatkan followers untuk social media yang anda miliki. Untuk itulah wajibkan para artis yang anda endorse untuk memberikan tag pada akun media social.  Anda juga perlu mengelola social media yang anda miliki semenarik mungkin. Jika tak memiliki waktu luang untuk hal ini bisa merekrut jasaallsosmed.co.id yang membantu anda dalam meningkatkan jumlah retweets, like status Facebook, subscriber dan masih banyak lagi lainnya.

 

Kekurangan Endorsement

 

 

 

1. Citra Artis Endorse Mempengaruhi Citra Produk

Salah satu kekurangan dari strategi endorsement adalah jika anda salah memilih artis yang hendak diendorse maka ada pengaruhnya terhadap citra produk anda sendiri. Misalnya saja jika sang artis memiliki latar belakang kriminal atau melakukan tindak asusila yang membuat reputasinya dinilai negative dalam masyarakat maka mau tidak mau produk anda juga kena getahnya.

 

 2. Tiap Artis Punya Rate Sendiri

Yang kedua setiap artis memiliki rate masing – masing ada yang menetapkan harga terjangkau namun ada pula yang memiliki harga tinggi hingga puluhan juta. Semakin banyak followersnya umumnya harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi.

 

3. Iklan Tak Bertahan Lama

Tingginya penerapan strategi endorsement membuat para artis ini juga menerapkan kebijakan untuk durasi iklan endorsement. Ini artinya iklan terkait produk anda akan dihapus oleh sang artis jika sudah habis masa berlakunya. Untuk durasi tergantung kebijakan masing – masing yang ditetapkan oleh artis.