Hindari 3 Kesalahan Umum Saat Melakukan Promosi Melalui Sosial Media

Kamis, Februari 1, 2018

Menghindari kesalahan umum promosi di social media

Sosial media itu efeknya luar biasa. Melihat kegiatan masyarakat sekarang yang sangat betah duduk berlama-lama hanya untuk melihat layar handphone dan update di sosial media, menjadikan sosial media sebagai peluang untuk mengeruk para konsumen bagi Anda yang memiliki bisnis.

 

Tentu saja Anda harus mengetahui ‘aturan main’ dalam berpromosi di sosial media. Jika salah langkah, bukannya malah untung, tapi bisa jadi buntung yang didapat. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka hindarilah beberapa kesalahan umum yang sangat sering dilakukan ketika melakukan promosi menggunakan sosial media.
 

Kesalahan Promosi di Social Media:

 

1. Tidak memahami audience secara tepat

Dewasa ini, orang kerap tertipu dengan tampak luarnya. Misalnya, sebuah account yang memiliki 300 ribu follower akan tetapi, segmented customernya hanya 2% dari total follower yang dimilikinya. Ini jelas tidak baik untuk pertumbuhan bisnis karena target audiencenya tidak pas. Kuantitas secara garis besar memang dapat dijadikan sebuah indikator atau ukuran pencapaian data.

 

Akan tetapi, kuantitas yang memang sesuai dengan audience lah yang nantinya akan menentukan pertumbuhan ke depannya. Sebagai pemilik usaha, Anda wajib untuk mengklasifikasikan audience ke dalam beberapa kategori seperti gender, lokasi, demografi, psikologi, minat, pendapatan, dan masih banyak hal lain yang harus Anda kaitkan terutama dengan bisnis Anda.

 

2. Minim komunikasi antara pemilik bisnis dengan follower/user

minim komunikasi dengan followers
Source: http://thesocialmediamonthly.com

 

Bisnis adalah soal kepercayaan. Ungkapan ini sejatinya benar untuk diterapkan ke dalam kategori bisnis apa pun, terutama untuk bisnis online. Bagaimana bisa membangun kepercayaan antara pemilik dengan konsumen jika bertatap muka saja tidak pernah? Maka bangunlah reputasi yang baik dengan para konsumen. Semakin baik komunikasi yang terjalin, maka mereka akan semakin percaya terhadap kredibilitas usaha milik Anda. Jangan sampai mengecewakan konsumen, karena mereka adalah advocator terbaik, atau pemberi rekomendasi terbaik bagi orang lain.

 

Sekali saja brand Anda tidak baik di mata pelanggan, maka informasi buruk ini akan dengan cepat menyebar ke pihak lain. Tentu hal ini tidak ingin Anda alami, bukan? Membangun engagement yang baik kepada konsumen dapat dilakukan mulai dari keramahan dalam membalas setiap pesan, fast response, membuat konten yang memancing reaksi dari para pelanggan, serta menanggapi setiap kritikan dengan balasan yang tidak menyakitkan hati (bisa juga dengan memberi atau mengganti produk sebagai permintaan maaf).

 

3. Terlalu mengandalkan source gratis

mengandalkan resource gratis
Source: http://penjajakata.com 

 

Jika Anda ingin fokus untuk meningkatkan engagement, memperbanyak follower, serta meningkatkan penjualan, maka menggunakan alternatif organik di sosial media untuk menghemat anggaran bukan hal buruk sebagai sebuah pilihan. Ingin menggunakan yang gratis atau yang berbayar, itu semua murni pilihan Anda.

 

Akan tetapi, yang perlu diketahui adalah konsekuensi dari promosi melalui organik tentu hasilnya tidak seefektif promosi secara berbayar. Fitur-fitur paid promote yang ditawarkan masing-masing sosial media tentu saja berbeda-beda. Bagi Anda yang awam tentang hal ini, akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memelajari satu-persatu. Tentu hal ini akan menyita waktu.

 

Saran paling baik adalah dengan memanfaatkan jasa sosial media seperti www.jasaallsosmed.co.id. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus untuk melakukan transaksi serta operasional bisnis Anda, dan bukan hanya berkutat pada promosi pada sosial media secara terus menerus. www.jasaallsosmed.co.id melayani segala permintaan untuk semua channel sosial media, baik itu Instagram, Google+, Youtube, Facebook, Line@, serta berbagai macam channel sosial media lainnya.

 

Keunggulan dari www.jasaallsosmed.co.id adalah memiliki dukungan sistem yang serba otomatis dengan biaya yang terjangkau tanpa biaya tambahan bulanan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan beberapa benefit tambahan dengan menggunakan layanan www.jasaallsosmed.co.id antara lain fitur notifikasi saat ada update tentang status pesanan Anda melalui email dan sms, diproses secara 100% aman, pembayaran otomatis, dukungan sistem pemesanan 24 jam, serta tentu saja kualitas yang memuaskan dan dipercaya oleh lebih dari 15.000 orang client.