Tips Rahasia Agar Followers Berubah Menjadi Pelanggan Anda

Kamis, Maret 8, 2018



Apakah anda tahu bahwa saat ini jumlah pengguna aktif Instagram sudah lebih dari 400 juta perbulannya? Angka yang sangat fantastis bukan? Nah, dari angka ini jelas terlihat bahwa pangsa pasar di media sosial yang satu ini sangat menjanjikan. Menurut beberapa survey tingkat engagement pada Instagram merupakan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan media sosial lain.

 

Selain itu saat ini di Indonesia bisa dibilang hampir setiap online shop menggunakan Instagram sebagai tempat berjualan dan juga promosi. Anda tentu tidak ingin ketinggalan memanfaatkan Instagram untuk keperluan bisnis kan? Yuk simak beberapa tips rahasia untuk mengubah followers menjadi pelanggan anda berikut ini:

 

  1. Foto Coming Soon

Saat pertama kali launching akun Instagram dan sebelum beriteraksi dengan pelanggan pastikan anda sudah mempersiapkan akun anda. Jangan membiarkan akun anda kosong di awal. Sebaliknya akan lebih baik ada 3-9 foto yang mewakili toko anda. Foto-foto awal ini biasa disebut foto coming soon.

Faktanya hal ini penting untuk dilakukan karena profile IG yang kosong akan membuat calon pelanggan beralih ke akun lain tanpa memperdulikan akun IG anda. jadi secara tidak langsung 3-9 foto awal tersebut berguna untuk membuat first impression bagi pelanggan.

 

  1. Bio yang Menarik

Masih berkutat pada profil akun IG, anda harus tahu bahwa bio adalah salah satu hal yang dilihat pertama kali saat seseorang membuka akun IG orang lain. Sebisa mungkin tulis di bio akun IG anda dengan informasi tentang brand atau bisnis seperti alamat atau kontak. Kemudian jangan lupa mengaplikasikan rumus membuat bio keren berikut ini:

“Nama Bisnis Anda + Keunggulan + Kemas Dengan Kata-Kata Semenarik Mungkin”

Penggunaan emoticon juga disarankan untuk membuat bio lebih menarik.

Selain itu pastikan juga akun anda tidak digembok agar calon pelanggan merasa lebih nyaman dan fleksibel dalam mengikuti akun IG anda.

 

  1. Berinteraksi Dengan Pelanggan

Untuk bisa memaksimalkan bisnis melalui media sosial khususnya Instagram, anda harus mencari followers yang banyak kan? Nah, cara terbaik jelas anda harus mencari calon pelanggan potensial. Faktanya anda bisa mendapatkannya dengan melihat followers para kompetitor.

Ini adalah cara termudah, karena followers kompetitor kemungkinan besar juga berpotensi untuk menjadi followers anda. Nah, pertama-tama anda harus mem-follow mereka agar mereka tahu keberadaan toko atau brand anda. Kemudian berinteraksilah dengan cara memberikan komentar non promosi atau like di postingan mereka. Intinya beri kesan positif pada mereka.

Nah, kemudian lihat bagaimana respon mereka. Apakah mereka akan melakukan follow back atau tidak. Karena faktanya tidak mudah membuat orang lain mem-follow back kan?

FYI, anda bisa mulai mengurangi jumlah following anda secara bertahap saat jumlah followers anda sudah meningkat ya.

 

  1. Posting Konten yang Profesional

Konten yang profesional akan membuat calon pelanggan merasa tertarik untuk melakukan pembelian. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mendapat konten profesional adalah:

 

  • Mengambil foto yang berkualitas dan terlihat profesional

Untuk menghasilkan foto-foto cantik, anda tidak perlu menyewa jasa fotografer profesional atau memiliki kamera mahal lho. Cukup ikuti beberapa trik di internet tentang cara menghasilkan foto keren dan foto-foto  IG anda akan terlihat lebih keren.

  • Berikan Warna Senada Dengan Karakter Brand Anda

Untuk membangun brand  yang kuat, anda bisa mencoba dengan memperhatikan detail foto yang akan diposting. Usahakan setiap foto yang anda posting memiliki warna senada dengan karakter brand anda. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan filter dan proses editing yang sama untuk setiap foto yang akan diposting.

  • Perhatikan Caption dan Hashtag

Caption pada foto tidak boleh dibuat dengan asal lho ya. Anda harus menyesuaikan caption dengan foto serta brand anda sendiri. Hal ini akan membuat calon konsumen merasa lebih tertarik. Selain itu anda juga harus memperhatikan hashtag yang digunakan.standarnya setiap postingan cukup dilengkapi dengan 3-5 hashtag. Pilih hashtag yang paling populer dan sesuai dengan konten anda.

 

Nah, untuk anda yang kebetulan mengalami kesulitan dalam mendongkrak penjualan melalui media sosial. Anda tidak perlu khawatir karena kami, Jasa All Sosmed hadir untuk membantu anda. Jasa All Sosmed merupakan digital agency marketing yang fokus pada pemasaran melalui media sosial. Sejak April 2005, lebih dari 15.000 klien telah memilih kami untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Khusus untuk Instagram, kami juga menyediakan jasa penyedia auto likes untuk akun anda.